contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

10 Januari, 2010

ayo kawan - kawan kita lihat dan pahami arikel di bawah ini

Etika Bisnis mulai dilupakan akhir-akhir ini. Padahal etika bersumber dari etika umum, dan dengan sendirinya juga terkait dengan etika-etika lainnya, yaitu etika pemerintahan dan etika profesi (akuntan, pengacara). Apalagi etika tidak terlepas dari hukum, karena sebagian dari standar moralitas dituangkan secara resmi dalam hukum. Jika hukum lentur dan standar moralitas yang ada tidak lagi mampu ditegakkan, maka sebagaimana halnya etika pemerintahan dan etika profesi, etika bisnis akan sulit untuk ditegakkan.

Etika dapat dikatakan sebagai mekanisme internal baik di tingkat pribadi maupun dalam kelompok, yang harus diperkuat kontrol eksternal oleh pihak lain, yang dalam sistem sosial berfungsi sebagai kelompok penekan. Keinginan untuk mengumpulkan keuntungan sebanyak-banyaknya membuat sebagian pengusaha kita mulai meninggalkan etika bisnis.

Suatu organisasi bisa bertahan panjang bukan dibentuk oleh manajemen yang hebat, tidak juga oleh orang-orang yang hebat, ataupun sistem, melainkan dibangun oleh kekuatan nilai-nilai (values). Corporate culture selalu menekankan bottom up, menggali segala sesuatu mulai dari bawah, bukan dari atas ke bawah. Dengan demikian, semua orang harus ditanya apa yang sebenarnya mereka inginkan. Corporate culture itu seperti puncak gunung es, yang tampak hanyalah yang di atas berupa simbol-simbol seperti logo, cara berpakaian. Padahal, yang harus dibangun adalah yang di bawah, yang tidak kelihatan, yaitu nilai-nilai baru. Manusia itu berkomunikasi secara simbolik, simbol sebagai identitas.

Sesungguhnya, banyak perusahaan besar telah mengambil langkah yang tepat ke arah penerapan prinsip-prinsip etika bisnis, kendati prinsip yang dianut bisa beragam. Namun, keinginan untuk mengumpulkan keuntungan sebanyak-banyaknya membuat sebagian pengusaha kita mulai meninggalkan etika bisnis. Apakah hal ini akan kita biarkan begitu saja, yang pada akhirnya menciptakan jurang yang lebih lebar antara si kaya dan si miskin dan pastinya akan memunculkan masalah sosial yang membahayakan kehidupan.

Sumber: http://www.ethics.ws/

0

0 komentar:

Posting Komentar

Kurs Jual Beli
USD9250.009100.00
SGD6626.906496.90
HKD1192.901171.60
EUR12736.6512505.65
GBP14471.9014186.90
JPY105.98103.35
Sumber: Etrading
Powered By Blogger

Followers

free counters

With my best friend

With my best friend