contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

10 Januari, 2010

Menurut survey yang penulis lakukan terhadap seluruh client - client,penulis bertanya kepada mereka:

Apa yang faktor terbesar yang mendorong anda untuk membeli sebuah produk bisnis online?

Dan jawaban mereka yang terbanyak ada di 2 hal:

1. Kualitas produk

2. Pelayanan yang baik dan cepat

Ternyata 2 hal tersebut di atas yang paling banyak dicari oleh kebanyakan konsumen.

Sekarang kita berbicara mengenai PELAYANAN

Bagaimana cara terbaik dalam memberikan pelayanan kepada konsumen?

Yang sudah saya lakukan selama ini adalah:

1. Langsung memberikan respon cepat terhadap email dan sms yang ada

Jangan menunda,jika ada client anda yang membutuhkan bantuan,langsung segera di tangani.Kecuali jika anda tidak sedang dirumah,misalkan sedang berpergian,jika hp anda bisa di gunakan untuk email,anda segera menjawab pesan mereka,bahwa untuk saat ini lagi tidak dirumah,jadi belum bisa memberikan pelayanan yang maksimal.

Sikap anda yang seperti itu akan membuat client merasa sangat dihargai.Dan itu merupakan nilai plus untuk anda dan produk anda.

2. Sering-seringlah menyapa client anda terlebih dahulu

Ini juga merupakan hal yang sering saya lakukan,saya sering menyapa client saya terlebih dahulu,walaupun mungkin hanya sekedar menanyakan kabar,tapi sebenar nya itu bisa berarti lebih buat client.Mereka akan merasa dekat dengan kita.

3. Bersikap lapang dada

Jika anda mendapatkan kritik dari client,walaupun itu adalah kritik yang sangat pedas,terimalah dengan perasaan terbuka,jangan marah-marah,karena jika mereka memberikan kritik kepada kita,berarti masih ada yang kurang terhadap pelayanan dan sistem yang kita lakukan.Segera lakukan perbaikan agar kedepan nya hal seperti itu tidak terjadi lagi.

Saya pernah memberikan kritik kepada salah satu produk bisnis yang saya ikuti,saya ajukan keluhan-keluhan saya,pada awal nya mereka menjawab dengan baik,tapi lama-lama mereka tidak melayani kita lagi,email dari kita pun tidak ada yang di balas.Saya hanya berpikir : “ah orang seperti ini kok bisa ya jadi admin”

Jangan sampai hal tersebut terjadi pada anda,jangan ada konsumen yang berpikir seperti itu kepada anda.

Dari artikel di atas tentang 3 sikap pelayanan yang baik, saya setuju karena dalam berbisnis alangkah baiknya kalau kita selalu berusaha untuk memuaskan konsumen. Terima kasih buat artikelnya.

sumber :http://www.blogaffiliates.co.cc/2008/12/etika-bisnis-3-sikap-pelayanan-yang.html

0

0 komentar:

Posting Komentar

Kurs Jual Beli
USD9250.009100.00
SGD6626.906496.90
HKD1192.901171.60
EUR12736.6512505.65
GBP14471.9014186.90
JPY105.98103.35
Sumber: Etrading
Powered By Blogger

Followers

free counters

With my best friend

With my best friend